28 Juli 2016

Mendaftar BPJS sebagai peserta baru dan setelah resign dari kantor (Syarat dan Proses pendaftaran BPJS depok)

Halooo..hai ^_^

Kali ini aku mau share informasi yang rada bermanfaat nih. Hihi. Ceritanya aku udah lama pengen nyairin dana JHT dari kantor yang lama. JHT itu singkatan dari Jaminan Hari Tua. Sebenernya awalnya ngga ngerti ada gitu2an. Yang aku tau, sewaktu kerja di perusahaan pertama dan kedua, aku pernah dikasih kartu peserta jamsostek JHT dari HRD perusahaan. Yang kemudian aku taunya dari kakak kalau dana yang tersimpan di jamsostek JHT selama kita bekerja yang mana asal nya dari pemotongan gaji sebesar 2% tiap bulannya, ternyata bisa kita klaim atau cairin setelah kita resign. Nah kalo dulu gosipnya bisa dicairin stelah 5tahun resign dari perusahaan bersangkutan, ternyata sekarang ngga begitu, nanti yah di share selanjutnya :)

Jauh sbelum hari ini (Kamis, 28 Juli 2016) mama udah kode2 kalo doi bakalan liburan ke jogja bareng temen2 hebringnya selama 4 hari 4 malem. Otak langsung mikir kan, kalo mama pergi berarti tinggal ber2 dirumah sama suami, nah kalo doi kerja berarti all day long aku sendirian dirumah. Huhu. Kemudian bumik melow #halah. Dari situ sung ngomong ke pak suami, buat ngajuin cuti ajah. Kan lebaran udah pleus pleus masuk kerja nya sampe H-2. Ngga ngajuin tambahan cuti juga, so alangkah baiknya kalau hak cuti dimanfaatkan :) Jadilah hari ini kami quality time dirumah. Walopun ngga dirumah juga. Hehe

Semenjak hamil dan bahkan sejak resmi dirumah aku emang paling males les les keluar rumah. Apalagi kalo ga penting2 amat kaya harus bgt ke atm sbelum belanja pagi2 ke tukang sayur, ya karena udah ga ada duit sama sekali di dompet. Hehe. Maklum, menurut saya uang di dompet 100ribu aja udah cukup. Sisanya mah di atm aja :) di atm aja suka cepet abis (gegara olshop) apalagi kalo di dompet? #huahahahaha. Nah! kebetulan hari ini pak suami di rumah, artinya saya bisa dong dianterin kesana kemari. Awalnya berniat mau babymoon, udah ngintip2 reservasi hotel online booking tapi entah kenapa merasa sayang dengan budgetnya. Akhirnya gugur lah niat itu....(Kalo udah mau punya bayik, apa2 jadi sayang kalo mau keluarin duit hehe). Lanjut cerita, setelah pertimbangan jauh2 hari dan berpikiran kalau "sehat itu memang mahal" akhirnya niat yang sudah terpendam lama akhirnya bisa di realisasikan hari ini. Apakah itu? Yak! Ngurusin BPJS, yang tadinya di tanggung kantor tapi blm pernah dimanfaatkan kudu diubah jadi tanggungan pribadi supaya bisa tetep dimanfaatkan sewaktu2 saya sakit dan ga ada duid (jangan sampe ya Allah).

Seperti biasa, modal wifi dan hp di genggaman, saya suka berselancar kesana kemari lewat mbah gugel mengenai dua hal di atas. Bagaimana cara mengklaim JHT dan cara mengaktifkan kembali kepesertaan BPJS setelah resign dari kantor. Oya, satu hari sebelum hari ini juga untungnya nyokap pergi ke kantor jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan buat ngurusin jamsostek almarhum bokap. Mama udah ngasih lembar checklist yang jadi syarat berkas untuk klaim JHT tersebut. So, karena semua berkas udah ada di rumah juga dan cuma tinggal tambahan fotokopi aja, yasutra, aku pun berencana eksekusi (ceilah). Sempet mikir syukur alhamdulillah kalo bisa kelar sekali dateng. Kalo ga bisa, yowes lah pelan-pelan aja di beresi.
Checklist form untuk pengajuan claim JHT yang dibawain nyokap

Niatnya berangkat jam 7 pagi, realitanya? Jam 8 baru berangkat. Hehe. Awalnya mau ambil nomer aja dulu di kantor BPJS karena mikirnya bakalan antri banget, trus kita ngurus JHT dulu di kantor Bpjs Ketenagakerjaan ruko seberangnya. Eh tapi ternyata ga terlalu lama kok.

Alamat kantor BPJS Depok :
Ruko Saladin Square Blok B 21/22 Jl. Margonda Raya Depok

Alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan Depok :
JL. MARGONDA RAYA NO. 56 KOMPLEK RUKO ITC DEPOK NO. 19 - 20, DEPOK, DEPOK 16431

Sampai di area ruko kantor BPJS memang sudah ramai sekali orang orang lalu lalang yang pastinya lagi ngurus hal yang sama. Jalan ke depan pintu di sambut pak satpam yang sigap memberi arahan buat para konsumen yang datang. Case kami adalah, pak suami sama sekali belom pernah terdaftar ke BPJS (iya belom diurus sama kantornya, payah emang, haree genee, haha, yasutralah bikin sendiri aja) sedangkan aku udah setahun resign dari kantor terakhir yang mana menanggung iuran BPJS ku selama ini, nah ini golongannya mutasi dari tanggungan perusahaan menjadi pribadi. Kemudian diarahin pak satpam untuk isi form pendaftaran dan dapat nomor antrian 13. Jadi case dalam case ini kami ngajuin pendaftaran anggota baru dalam satu Kartu Keluarga dimana aku sebagai anggota KK nya melakukan mutasi kepesertaan. Nah sebenernya bisa loh daftarin dedek utun dalam kandungan ini sekalian, tapi karena ada syarat tambahan yang kami ngga bawa saat itu (Hasil USG dan surat keterangan hamil dari dokter) makanya kami belakangin dulu ajalah ya yang ini. Kami berdua aja dulu yang daftar. Kalo calon bayik, ntar aja pas lahir bunda n ayahnya sung cus daftarin lagi.

Kelar ngisi form, kami pun masuk menunggu nomor antrian dipanggil. Saat itu sudah nomor 10. Wah asik bentar lagi. Eh sayangnya ada aja orang yg ribet, belom kelar syarat dan formnnya diisi eh udah ngantri aja. Kan jadi menghambat nomor berikutnya -_- Suasana kantor BPJS saat itu ramai. Di luar penuh orang yang duduk menunggu di bangku yang disediakan berjejer dan di dalam pun ga kalah penuhnya. Semua bangku tunggu terisi dan bahkan ada yang sampai berdiri. Untung kita dapet duduk :") Nah pas nomor dipanggil, tanya jawab sama Mba CS nya sebentar, nunggu beberapa menit akhirnya kami pun selesai. Alhamdulillah. Ternyata cepet kalo semua syaratnya lengkap. Nah untuk informasi, berikut syarat2 berkas untuk pendaftaran baru peserta BPJS (pak suami) :

1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi KK
3. Fotokopi buku tabungan (nomor rekening salah satu orang di kk aja - Mandiri, BRI atau BNI)
4. Foto 3x4 (1lembar)
5. Mengisi form daftar

Nah untuk case saya, mutasi tanggungan perusahan ke pribadi, selain yang diatas, tambahan syarat berkasnya adalah :

6. Fotokopi keterangan berhenti bekerja dari perusahaan
7. Fotokopi kartu BPJS yang lama

Si Mbaknya ngecek2 data aku dan mendaftarkan suami ngga lama, kami pun dipanggil lagi untuk informasi pembayaran iuran (Kelas 1=80rb, Kelas 2=51rb, Kelas 3=), waktu bayar dan pencetakan kartu. Untuk case aku, kepesertaan sudah aktif dan wajib langsung bayar iuran hanya 80ribu saja (via nomor rekening yang sudah di berikan mba CS nya) dan bisa langsung kembali lagi ke CS untuk cetak kartu. Atau bisa nanti dibarengi sama suami stelah bayar iuran antara tanggal 11 sampai 20 bulan berikutnya. Daripada bolbal ya nanti aja lagi deh cetaknya biar sekalian :)

Jam setengah 9an sampai kantor BPJS, jam 10 sudah selesai urusan :) tinggal transfer iuran dan cetak kartu. Ternyata ngga pake ribet dan lama. Memang disana penuh dan ngantri tapi kalo kitanya sudah paham dan memenuhi syarat, pasti semuanya berlangsung lancar dan cepat kok. Apalagi sudah dibantu pak satpam kalo mau nanya-nanya dulu.

Kenapa sih kok hari gini baru ngurus BPJS? Yaaaa selain karena lagi hamil dan baru sadar biaya berobat itu mahal. Walaupun selama ini kalau berobat dan periksa kandungan bisa sistem reimbursement ke kantor suami ataupun menggunakan asuransi kesehatan yang disediakan kantor suami. Tapi kan kita ngga pernah tau kedepannya bagaimana ya kan. Apalagi biaya lahiran kan muahal braaay, limit dari asuransi mana nutup? hehe. Ya buat jaga-jaga aja yah. hihi. Syukur alhamdulillah kalo kita nya sehat-sehat aja. Amin.

Setelah selesai urusan di kantor BPJS, kami pun cus ke kantor BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai.. Terimakasih sudah mampir,
jangan lupa jejak komentarnya ya..

Ciao :)