17 Maret 2016

Periksa Kandungan Usia Kehamilan 7 Minggu (RS HGA Depok)


Dalam rangka udah ngga sabar pengen tau perkembangan si calon janin, yang kata dokter pertama disuruh balik lagi 3 minggu kemudian tapi ini baru 2 minggu lebih kita (aku&suami) inisiatif sendiri buat cek lagi ke dokter :D

Selalu ada pengalaman pertama untuk segala hal, termasuk kehamilan aku saat ini. Semua serba pertama, mulai dari daftar untuk periksa, cari tau obat-obat yang di kasih dokter dan sebagainya dan sebagainya.. Singkat cerita aku fixed akan memeriksakan kandungan secara rutin di Rumah Sakit hasanah Graha Afiah (RS HGA) Depok. Selain karena ini adalah Rumah Sakit Ibu dan Anak, lokasinya pun deket banget dari rumah. Ngga nyampe 2km malah.

Pertama pemeriksaan aku lakukan pada UK (Usia Kehamilan) 5 minggu sesuai HPHT, saat itu sudah terbentuk kantung kehamilan, dan dokter ngasih obat yang luar biasa banyaknya, sampe 20 pcs tiap jenisnya kalo ga salah. Karena sebagai awam, dikasih obat apa ya tinggal tebus, sisanya baca-baca dari internet tentang manfaat dan efek samping si obat. Pasca pemeriksaan pertama yang kata si dokter usianya baru sekitar 3-4 minggu (tanpa liat kalender), tapi versi HPHT harusnya 5 minggu, belum terasa tanda-tanda mual melanda. Tapiiii.. eng ing eng sminggu kemudian muncul lah si mual melanda sekujur tubuh.  Dari yang masih sempet belanja masak nyetrika beberes masih kuat sampe akhirnya tergeletak malas saja diatas kasur. Hahaha takdir.. itulah seninya hamil. Teeet T_T

Karena pengalaman pemeriksaan pertama kami (Aku&Suami) merasa kurang lengkap dengan penjelasan sang dokter (Dokter Iw*n), jadilah kami insiatif untuk cari dokter lain yang bikin kami jelas sejelas2nya. Kebetulan dari info-info yang aku dapat di RS yang sama, ada dokter perempuan (ini yang di mau mas suami) yang rekomen, jadilah kami daftar untuk pemeriksaan kedua dengan beliau. Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat atau maksud buruk lain, aku hanya berbagi pengalaman menurut opini ku, karena pada dasarnya semua dokter itu berpengalaman dan cerdas. Yaiyadong cerdas kalo ga cerdas gimana caranya bisa tembus dapet gelar dokter coba? heheh semua tergantung pasien nya aja, cocok sama yang kaya gimana. ^_^

Kemarin aku melakukan pemeriksaan kedua dengan UK 7 minggu 3 hari. Awalnya daftar untuk periksa jadwal pagi, tapi sayang dokter Dewi Kooskurniawati sedang ada tindakan sejak pagi jadi jadwal konsul di tiadakan. Daftar jadwal malam hiksss.. dapet no.9. Yasudah balik lagi nanti aja jam 9 malam. Huuhuuuw

Sesuai perkiraan saya masuk ruangan jam 9an, Ketemu Dokter Dewi yang ramah dan keibuan, Itu first impression aku buat beliau. Dia ngejelasin cara menghitung UK versi HPHT sama yang muncul di layar USG, becanda-becanda, ngejelasin obat-obat yang dia kasih, ngejelasin hal yang ngga kita tanyain ^_^ Bu Dokter emang asik banget, modelnya kaya guru SD yang ngemong ngomongnya alus, jelas dan gampang dingertiin. Pas USG dokter dewi bilang katanya UK saat ini harusnya sudah ada detak jantungnya, setelah dicari-cari alhamdulillah terlihat denyut calon janin. Luar biasa Masya Allah ^_^ Ngga perlu transvagina denyutnya udah kelihatan. Oia, ternyata kata dokter dewi Obat Progestan itu memang penguat janin tapi diminum kalo terasa kontraksi aja, tuh kan, untuk ga gw minum semua, hehe sempet bolong-bolong apalagi kalo lagi mual. Trus Vibrion itu juga bagus, lengkap, tapi dia lebih sering ngasih Folamil sebagai vitamin. Katanya berhubung saya mual-mual jadi dikasih folamil yang biasa, karena kalo Folamil Genio itu mengandung zat besi dan DHA dan cenderung bikin mual. So, untuk menghindari tambahan mual aku dikasih yang biasa plus vitamin C karena emang aku rada batuk gegara makan puding vita (kapok) hehe..

Pas lagi antri aku ketemu temen SMA, ngga ngeh ternyata yang daritadi duduk di sebelah itu temen sendiri sampe akhirnya nama dia dipanggil masuk duluan terus papasan di pintu, dia keluar - aku masuk. Siti Safariana, Sarah panggilannya, sudah hamil besar tinggal tunggu debay nya bikin mules. Ngga pernah ketemu lagi sejak lulus SMA, berhubung aku juga kuliah di bandung dia di jakarta, jadi ya blas, ketemu-ketemu di pintu ruang dokter. Hehe. Semoga Sarah lancar lahirannya dan debaynya sehat :)



Menu rumahan penggugah selera
Sekedar informasi, hari ini mama aku masak cah kangkung, balado terong, sambel jengkol, tumis udang jagung manis dan tempe goreng tepung. Pokoknya enak! apalagi makannya pakai tangan (ngga perlu sendok) bumil lahap deh.,. ga nyampe 5 menit piring sudah kosong. Bahagia itu sederhana :) Makasih mama yang udah masakin selama aku hamil :) Alhamdulillah..

6 komentar:

  1. Wahhhh slamattt ya hihihi
    Semoga sehat sehat selalu ibu dan beby nyah amiiin
    Hamil lahap smua makanan itu anugrah ya ^______^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru kebales maap ^_^
      Makasih ya. Amin amin. Tapi kalo lagi ngidam boro2 bisa makan semua. Yg enak malah jadi eneg :(

      Hapus
  2. hai sis.. salam kenal, aku Ninis
    sis boleh dong share biaya kontrol di HGA. makasi ya sebelumnya 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo sis.. salam kenal juga.
      Kalau di HGA biaya dokternya aja 140rb, administrasi 15rb. USG kalau ngga salah sih sekitar 230rb sama print.Tapi kalo ngga pakai print dibawah 100rb (kalo ngga salah)

      Hapus
    2. berarti itu belum sama obat ya sis..
      nice info bgt nih kak ehehe semoga kelahirannya lancar yaa :)

      Hapus
    3. Iya sis, belum sama obat. Karena dari pengalamanku ke dua dokter berbeda mereka akan kasih obat/vitamin berbeda. Ada yng suka kasih obat mahal2 yg sebijinya 50rb. Ada yg suka kasih yang generik aja. Gitu..

      Amin.. makasih ya

      Hapus

Hai.. Terimakasih sudah mampir,
jangan lupa jejak komentarnya ya..

Ciao :)