13 Juli 2016

Beginilah cerita lebaran ku, bagaimana cerita lebaran mu ? #Idulfitri2016

Anggaplah ini foto lebaran kami (maksa)
Lebaran taun ini ada yang beda. Iya.. udah ngga ada papa dirumah. Adik laki-laki juga masih belom bisa hadir dirumah. Jadilah kami, kehilangan 2 sosok sekaligus tahun ini. Beberapa tahun terakhir biasanya setelah sholat ied dan maaf-maafan keliling tetangga pasti kami sempatkan foto keluarga. Iya keluarga inti kami, mama, papa, kakak, ipar, ponakan, aku, suami dan adik. Ngga ada yang bisa menyangka takdir, ternyata tahun lalu adalah tahun terakhir foto lengkap yang kami punya. Foto lengkap karena papa udah punya cucu dan mantu baru. Hiks. Kangen, sedih. Hmmm.. Itulah kenapa ga ada cape-capenya aku pesan buat kalian yang masih punya orangtua lengkap agar segeralah membahagiakan mereka selagi ada. Karena takdir memang tidak ada yang tau kan :")
Our family pic last year
(Atas bawah kika : aku-papa-mama-kakak-ponakan-Suami-adik-kakak ipar)

Bahkan tahun ini kita ngga sempet foto-foto an. Sedih. Hilang 1 rekam moment tahun ini. Semoga tahun depan semuanya kembali normal. Dan hadir anggota keluarga baru lagi yang lagi ada ada di dalem rahim ini :)

***

Yang selalu ngangenin di penghujung ramadhan menjelang lebaran itu adalah ritual-ritual simpel yang berasa beda karena suasananya. Kaya...bebersih rumah, lap-lap super detail bersihin debu yang ga kepegang di lakuin sehari-hari. Nah, kali ini dilakuin sama suami. Berhubung lagi hamil ga kuat kalo beberes terlalu over jadi beruntung banget dibantuin sama pak suami yang sabar banget dengerin request istrinya. Hehe. H-2 Rumah sudah cling. Bagian lantai 2 maksudnya. Kalau lantai 1 sudah dicicil sebelumnya.

Selain itu pas malem takbiran pasti disempetin nyari bunga sedap malam dan teman-temannya. Melanjutkan kebiasaan nyokap yang suka beli bunga waktu kita-kita masih kecil, rasanya ga lengkap kalo ngga ada wewangian sedap malam pas lebaran. Hmm..

Trus trus biasanya pas sahur H-1 atau malam harinya H-2 dirumah udah mulai lah urusan ketupat dkk. Kali ini saya masih bertugas sebagai asisten kupas kupas iris iris potong potong bahan bahan. Sedangkan tugas utama masak masak dan olah olah masih ditangan nyonya mama. Soalnya ga lucu kan kalo aku yang masak tapi rasanya masih amburadul. Saya belum pede masak masakan yang macem ini. Hihi. Tapi jangan salah loh.. masalah kupas iris potong tuh sangat sangat membantu sang nyonya loh. Gimana ngga, pegel juga ternyata ngiris labu siam, kentang, kacang panjang sebanyak itu (T_T) Ya.. semoga tahun depan udah bisa yah masak ketupat dirumah sendiri. Amin.

Kue lebaran sudah lengkap di meja ruang tamu. Tahun ini pengennya beli. Iya beli. Tapi cari yang enak dan murah. Ngga kaya taun lalu, beli yang enak tapi mahal(sekelas ina c**kies dan j*c ituloh), karena taun ini aku udah ga punya THR sendiri alias nganggur, jadi cari kuenya di toko pasar aja, Pasar Agung Depok. Kata mama di Pasar Agung ada toko kue Herlina yang terkenal nyediain kue lebaran yang ga kalah enaknya. Malahan kata mama biasanya ada arisan kue lebaran yang di adain selama satu tahun menjelang lebaran berikutnya. Jadi semacam nabung per bulan gitu loohh jadi ga berat biayanya pas mau beli kue kue lebaran. Next year kayanya mesti join deh. Hehe, dasar emak2. Tapi tapi katanya mau beli ajah, ujung2nya si mama bikin bikin juga walo cm beberapa toples. Wew

Malam takbirannya, selain santai santai cantik dengerin takbir di masjid. Kita juga suka nyetel lagu takbiran sendiri kenceng kenceng. hahai. Berisik emang , tapi adem aja rasanya dengerin suara takbir. Tapi kadang kadang jalan keluar juga  sebentar dan beli bunga. Pas tengah malamnya suka ngga bisa tidur saking excitednya menyambut lebaran, hahaha, dan subuh buta nya udah bangun lagi aja langsung sapu pel sebelum subuhan. Biar rumah kinclong di hari raya :)

***

Lepas solat ied, pasti laper! Haha iya. Tapi kudu ditahan! Kenapa? Soalnya tetangga sini suka rajin rajin kalo nyamper kerumah rumah buat maaf maafan. Kalo dulu dulu yang selalu colong start dan gercep krn ribut laper itu papa. Doi doang yang pasti udah kenyang sendiri sbelum muter kerumah2 tetangga. Kita mah tahan aja, daripada lagi nyendok atau nyuap ketupat ehh ada tamu dateng dan mau ga mau kudu ngikut rombongan kerumah sebelah dan keliling seterusnya, kan kentang bangets! hihi. Seru sih, samper samperan maaf2an sampe keliling 1 RT. Ga nyampe se-RW loh yah, kalo iya, kapan kelarnya?! Hehe
Foto dulu di sela-sela dengerin ceramah hihi
Abis solat, sungkem dan keliling RT, baru deh kita mamam ketupat. nyaaaaaam. Lanjut siap-siap deh kerumah sodara sodara. Hari pertama jadwalnya ke rumah nenek. Disana aja seharian karena biasanya yang lain pasti datengnya kesana. Alhamdulillah rumah kakak dan rumah orangtua suami masih sekomplek. Jadi udah ketemu pas pulang solat ied. Dan keluarga besarnya suami juga masih di depok. Jadi gampang deh colong waktu, eh, bagi waktu (maksudnya) buat muter muter silaturahmi.

Yang spesial taun ini. Yang nyetirin mobil keliling adalah bumil! Horeee.. hehe. Mobil ada. Yang baru bisa nyetir cuma saya. Kakak ipar belum lancar dan suami masih dalam rangka niat belajar (huft). Yaustralahya..Kasian ponakan kalo mesti dibawa naik motor. Ada baiknya bismillah bumil yang bawa mobil. Dan syukurnya lancar jaya. Hehe untungnya masih di depok juga.

***

Hari kedua jadwalnya ke makam papa, ke TPU Kalimulya I Depok. Kali ini yang nyetirin om, bawa rombongan  juga dari rumah nenek sama tante dan sepupu2. Pulangnya lanjut kerumah Ibu (adiknya nenek) di Bekasi mepet Cibubur.
Makam papa

Nyari makan siang, tak ada warung padang yang buka T_T tapi tempat bakso bertebaran dimana-mana. Kusudah bosan dengan sang bakso. Huhu. Ujung ujungnya makan di KFC Cibubur. Dan lebih tepatnya makan sore. Very late lunch. Ini makan siang pasca lebaran ku :") makasih ya allah masih ada yang buka. Hihi
Wefie dulu setelah kenyang
***

Hari ketiga niatnya istirahat. Tapi apadaya bumil maunya jalan terus. Hehe jadilah kami (Aku suami mama kakak ipar dan ponakan) cus ke arah jakarta nyari tempat yang sepi sepi. Sembari mampir makan di Holicow by Hotel Kemang. Ternyata menurutku Holicow sini lebih enak daripada yang di Cibubur. Entah mengapa kalo yang by chef kurang cihuy gitulah pokoknya. Aku pesan Australian Tendeloin Bbq Sauce welldone with spinach and fried fries (85k), minumnya Lemon Tea bisa refill (20k),dan perut pun membesar.
Aus Tenderloin BBQ Sauce


Kakak Ipar - Ponakan - Kakak


Mama - Aku - Suami



Kenyang dengan daging lagi daging lagi. Kami lanjut lurus ke arah kuningan dan mejeng di Taman Menteng. Niat hati parkir di gedung, apalah daya nyali ciut liat gang sempit di tiap tanjakannya. Alhasil di luar gedung juga akhirnya si item bertengger. Ternyata sore itu Taman Menteng masih banyak penggemarnya alias rame.
Mejeng bareng misua
Kami yang berbahagia (lho?)

***

Hari keempat, waktunya nyekar ke makam opung (opung? iya,masih keturunan pejabat peranakan-jawabarat-batak) di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan lanjut berkunjung ke Karawang nengokin Ibi (Adiknya nenek juga) dan kerumah uwa. 

Di Makam Opung

Hati sudah gundah gulana takut kena macet di Cikarang berhubung arus balik sudah mulai berlangsung. Dari karawang baru cus jam 4 sore, untungnya lancar jaya, mendarat dirumah sebelum magrib. Alahamdulillah :)

***

Hari kelima, bumil seharian dirumah. Padahal udah ngerengek minta diajak keluar dari pagi pagi. Tapi pak suami malas malasan dengan alasan besok kerja. Merajuklah adik, kakanda tak bergeming. Tapi akhirnya luluh juga dan meluncur ke mol terdekat :D

Luar biasanya, sampe Margo city (sebelom magrib) isinya orang semuah. Sebhanallah ini mol kenapa masih rame aja ya, sale dimana mana. Bocah dimana mana. Eh?

***

Yaya, jadi begitulah rangkaian aktivitas lebaran ku taun ini. Tak punya kampung tak berlibur kemana pun. Tapi alhamdulillah tak bosan dirumah rumah aja :) 


4 komentar:

  1. kalo tempatku ga ada bunga vin
    keknya seru ya kalo ada bunganya , bunga sedep malam kan aroma penganten hihi

    semoga alm. papa vina sudah ditempatkan di tempat terbaik di sisiNya ya..amin
    aku juga sama vin, klo masakan chef kurang nampol di lidah ndesoku wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun depan coba deh.. hunting bunga.. biasanya kalo di depok suka bertebaran tukang bunga dadakan di pinggir jalan mulai deket terminal, pasar bahkan mol. Hehe

      Amin amin. Makasih yak doanya ^_^

      Lidah masakan rumah yoo yg ga irit bumbu :p

      Hapus
  2. kok hebat vin dh bisa nyetir aja, aku apakabar duong wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu mah udah ada pak suami yg nyetirin kemana2. Aku krn tuntutan rumah, papa dan adik ga ada daripada yg make orang mulu memding aku ngelancarin wkwkwk
      Abis pak suami juga masih belajar. Kl doi dah bs aki jg mending di setirin :p

      Hapus

Hai.. Terimakasih sudah mampir,
jangan lupa jejak komentarnya ya..

Ciao :)