19 September 2016

Isi Tas Persiapan Lahiran

Karena kita ngga pernah tahu rencana tuhan untuk kita (sahelah), ada baiknya kita prepare apa yang bisa kita prepare. Hehe. Lillahita'ala insha allah lancar persalinan ini kelak. Di usia kandungan sekitar 25an minggu, udah nyicil nyuci nyetrika baju-baju calon bayi. Bukan, bukan, bukan karena udah kegatelan, tapi karena takut udah engap nantinya kalo udah 30+ minggu. Soalnya kan saya IRT yang ngerjain semua-muanya sendiri. Apalagi kalau disambi ngerjain ini itu di rumah. Dan bener kan, sekarang aja dalam usia kandungan 34 minggu saya udah keteteran ngerjain ini itu. Beberes rumah sudah mengandalkan badan kalo ngga capek. Kalo berasa berat ya berenti dulu, rebahan atau nyenderan dulu. Tapi tetep di kerjain walopun waktunya jadi ngga tentu. Hebat ya, hehe (boleh dong muji diri sendiri). Di saat di luar sana ada ibu hamil yang masih sanggup masuk kerja dan duduk didepan komputer,  Di sini juga ada dong, ibu rumah tangga yang hamil gede dan masih bangun pagi, nyiapin sarapan, belanja sayur, ngerjain ini itu di rumah dan masih nyuci, sapu, pel, dan masak sendiri (kibas jilbab, sambil puter-puter pergelangan kaki, maklum udah mulai bengkak :p)

Oia, hal yang ngga bisa diprediksi di beberapa minggu ke depan adalah saat kapan sang kontraksi muncul dan calon bayi memutuskan untuk lahir. Oleh karena itu, saya dibantu suami beberapa hari lalu udah mulai nyiapin tas yang bakal dibawa ke RS nantinya, Sambil ngasih tau dimana letak-letak barang biasa diletakkan, kita masukkin barang satu-per satu ke dalam tas. Iya, perlengkapan ibu dan calon bayi, sekalian perlengkapan si ayah. Nah, ini aku share apa aja yang aku siapin di dalam tas yang siap angkut kalau kita harus spontan berangkat ke RS.

Perlengkapan Ibu :
1. Pembalut Nifas
2. Gurita
3. Daster/Baju kancing depan
4. Pakaian dalam (termasuk bra menyusui)
5. Kain/Sarung
6. Bergo (kalau ada tamu yg jenguk jadi ngga repot pakai jilbab)
7. Toiletries dan handuk
8. Sendal jepit
9. Apron menyusui
10. Makeup (teteeeuup ^_^)
11. Camilan
12. Lain-lain untuk menghabiskan waktu sambil nunggu kontraksi (Headset, tasbih, buku, ipod, charger, dll)
13. Baju pulang

Perlengkapan Bayi :
1. Baju pulang (pleys sarung tangan dan kaki)
2. Topi dan selimut
3. Kain/bedongan
4. Pampers (buat jaga-jaga aja)
5. Tissu basah dan kapas

Perlengkapan Ayah :
1. Baju ganti (termasuk pakaian dalam)
2. Sajadah dan sarung
3. Jaket / Selimut
4. Toiletries dan handuk

Dan beberapa dokumen yang jangan sampai ketinggalan :
1. KTP, KK & surat nikah (Asli dan KK)
2. Kartu Asuransi
3. Buku kontrol ibu hamil
4. Uang secukupnya

Sekian beberapa kebutuhan yang udah kita siapin di dalam tas. Jumlah nya di sesuaikan ya, kan ngga tau berapa hari jumlah rawat inap masing-masing bumil. Insha allah lancar ya, doakeun ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai.. Terimakasih sudah mampir,
jangan lupa jejak komentarnya ya..

Ciao :)